Thursday 15 March 2018

Pasta Gigi dan Cream Kulit yang Aman untuk Bayi

Hallo Beauty! Di post-ingan kali ini aku mau coba share seputar mom and baby-life. Anakku Bilqis sebentar lagi masuk usia 3 tahun. Dia doyan banget ngemil, terutama yang manis-manis kayak coklat, ice cream, permen dan lain-lain. Pokoknya anaknya sugar-rush banget. *(kayaknya semua anak kecil gitu sih) Mau dilarang kadang gak tega. Ya, kan moms ? Aku khawatir gigi dia nanti rusak atau bermasalah, meskipun sejauh ini bisa dibilang masih tergolong gigi yang sehat. Tapi efek jangka panjang siapa yang tahu kan ? Apalagi akhir-akhir ini dia suka ngemut makanan dan males buat ngunyah. Duh, aku gak mau gigi dia jadi rusak.


Sebagai orang tua kita mesti mengajarkan kebiasaan baik salah satunya rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Supaya gigi dan mulut buah hati kita terlindung dari kuman-kuman jahat. Dari beberapa tulisan yang pernah aku baca, pasta gigi yang aman untuk bayi itu salah satunya harus free fluoride atau tidak mengandung fluor. Apa sih Fluoride ? Fluoride adalah salah satu senyawa yang menjadi bahan pembuatan pasta gigi. Senyawa ini disinyalir oleh kebanyakan ahli berfungsi untuk membuat gigi menjadi lebih kuat. Meskipun mempunyai manfaat tapi fluoride ini tidak dianjurkan untuk bayi dan anak-anak, karena akan mengganggu perkembangan tubuh mereka. Di Indonesia sendiri kandungan fluoride yang boleh terkandung dalam pasta gigi hanya 0,15% dari kadar total.

Sebelum aku tahu informasi ini dulu aku masih suka pakai pasta gigi yang biasa dijual di minimarket dan ternyata itu mengandung fluor. Bahaya banget kalau
aku masih terus-terusan pakai dalam jangka waktu yang lama. Untungnya aku nemu pasta gigi dari Mothercare, yaitu Babyganics Toothpaste Watermelon yang meng-claim dirinya tidak mengandung fluoride, sakarin, sulfat, paraben, gluten atau pewarna buatan dan juga cruelty free (tidak pernah diuji pada hewan).


Babyganics Toothpaste ini hadir dalam dua varian rasa, strawberry dan watermelon. Tapi setelah aku coba dan tanya ke anak aku sih rasa si buah-buahan tersebut tidak terlalu terasa. Selain desain kemasan yang lucu menarik minat anakku untuk senang menyikat gigi, pasta gigi ini terbuat dari bahan-bahan tumbuhan alami yang aman jika ditelan. Manfaat dari pasta gigi ini juga bisa menghilangkan plak dan menyehatkan gigi & gusi. Pasta gigi ini boleh digunakan untuk anak usia 6 bulan ke atas.


Bentuk kemasan pasta gigi ini tube atau tabung dengan tutup bukan model yang diputar. Jadi lebih mudah dipakai dan tidak ribet untuk buka tutupnya. Saat pertama kali produk dibuka akan ada pelastik yang membatasi isi produk dengan tutupnya. 



Pasta gigi ini berbentuk clear gel atau bening, tidak ada warna dan wangi yang menyengat. Ukuran pasta gigi ini cukup besar dan isinya banyak, untuk 113g dijual dengan harga 139rb. Nah, tapi aku pernah baca satu ulasan yang menyebutkan kalau pasta gigi ini tidak boleh disimpan terlalu lama karena akan membuat isi produk berjamur. Jadi, harus rutin ajak anak untuk menyikat gigi 2 kali dalam sehari sehingga produk akan terus terpakai.

Selanjutnya yang aku mau bahas adalah produk Mothercare yang diperuntukan untuk melindungi kulit bayi. Sudocrem Baby Care Cream, dari deskripsi produknya dia bisa digunakan untuk mengobati, menyembuhkan dan menjaga kulit sensitif si kecil. Contohnya seperti meredakan rasa sakit dan iritasi, ruam popok, gatal-gatal akibat keringat atau gigitan nyamuk, luka dan bekas luka, dan masih banyak lagi.


Cream ini sangat multifungsi, dia juga bisa dipakai oleh orang dewasa sebagai skincare untuk masalah jerawat, dark spot, meratakan warna kulit, dan bisa juga dipakai sebagai masker wajah. Karena aku penasaran, akhirnya aku cobain Sudocrem ini ke beberapa spot jerawat di wajah aku dan surprisingly dalam 2-3 hari jerwatku mulai kempes dan mengering.


Cream ini berbentuk botol pelastik bulat berisi 125gr dan dengan harga 119rb. Tekstur cream ini super thick, jadi cukup ambil sedikit saja dengan ujung jari bisa dipakai untuk menutupi ruam kemerahan ataupun bekas luka di kulit anak. Sedikit berbau tapi tidak terlalu kuat karena mengandung Benzyl Benzoate dan Benzyl Cinnamate yang merupakan bahan dari Balsam dari Peru, yang dikenal untuk sifat penyembuhannya.

Kedua produk Mothercare di atas; Babyganics Toothpaste dan Sudocrem Baby Care Cream bisa kalian beli di website-nya mothercare.co.id 

Terima kasih untuk @babiesandeverything Komunitas Beauty Blogger & Vlogger @kbbvbyacb karena sudah memberi kesempatan aku untuk mencoba dua produk Mothercare ini.


Thank you for reading, see you on the next post, beauty!

No comments:

Post a Comment