Sunday 5 November 2017

Makeup Kit untuk Pemula

Hallo Beauty! Kali ini aku akan bahas seputar makeup kit yang harus banget dimiliki sama para beauty beginners atau yang baru mau belajar dandan sendiri.

Tapi sebelumnya aku mau cerita pengalaman aku awal mula kenal makeup. Jadi, dulu juga aku awalnya buta banget sama makeup. Walaupun mama dan mba aku perias tapi sampai SMA kelas 3 aku sama sekali belum tertarik dengan makeup. Paling mentok cuma pakai bedak aja. Lalu tahun kedua perkuliahan (2013), produk makeup kedua yang aku coba itu liquid eyeliner. Awalnya cuma karena ikut-ikutan temen aku. Jadi yang bener-bener ke kampus cuma dandan pakai bedak seadanya, eyeliner dan softlens. Gak lama kemudian baru lah aku nyobain lipstick dari Wardah yang warnanya nude. Terus aku mulai pakai pelembab wajah juga.

And gurlsss, FYI aku malah baru tau lipstick itu jenisnya beragam dari adik aku sendiri —Desti (Cecy). Aku yang beneran gak tau apa-apa soal makeup, baru tau ada lipstik jenis satin, glossy, creamy, matte, dll. Karena waktu itu lagi booming banget lipstik matte (2015), aku sama Cecy akhirnya beli juga. Dan lipstik matte pertama aku dari L.A. Girl yang shade-nya ungu. Cucoook meyong kan! HAHAHA


Di pertengahan 2015, aku mulai coba-coba buat bikin alis pakai pensil alis dari Viva. Yas! Aku ngalamin juga kok bikin alis berbagai bentuk dan warna sampai aku dapetin yang pas dan sesuai kayak sekarang. Jadi, buat para pejuang ngalis, semangat ya!!!

Sekali waktu Cecy cerita kalau dia lagi pengen belanja makeup, akhirnya kita ke mall dan kebetulan lagi ada promo Buy 2 Get 1 Free produknya Silky Girl. Dia beli bedak sama mascara, dan aku kebagian free item-nya dan milih mascara juga. Lama setelahnya si bedak itu malah dikasih ke aku, karena Cecy tau aku udah gak punya bedak lagi. You know, I LOVE YOU SISTURRRR ❤️

Kita berdua jadi sama-sama mulai suka makeup, sampai kita juga sempet buka online shop jualan lipstik matte di Instagram. Eh kita malah jadi koleksi beberapa lipstik matte.

Terus, aku juga sempet dapat voucher belanja Sodexo senilai 500.000 dari aplikasi BBM. I'm so lucky and happy! Karena saat itu Cecy mau wisuda D3-nya jadi voucher-nya dipakai buat beli foundation, blush on & contour kit, eyeshadow dan mascara, dan mba aku yang dandanin dia makeup wisuda.

img_8851-1

Dari situ lah, karena udah punya cukup banyak produk makeup dan sayang kalo gak dipakai akhirnya Cecy dan aku coba belajar makeup dengan modal nonton video di Youtube. Bener banget sih kalo Youtube Youtube Youtube lebih dari TV, BOOM!

Aku nonton, cari tau & belajar semuanya dari awal. Trial and error makeup-in diri sendiri. Dan
perdana aku cobain full makeup sendiri itu buat acara photo studio bareng temen-temen aku. Sampai di titik aku ngerasa, "kayaknya udah lumayan nih bisa dandan" aku iseng banget ikutan makeup challenge di Instagram yang diadain sama Fahrizza Balqish Quina. Jadi di challenge itu aku recreate makeup look dari Selena Gomez, surprisingly aku menang dan dapat voucher MAP senilai 200.000 👏


Aku jadi ketagihan sama dandan, nyobain banyak warna eyeshadow, lipstick, sempet nyobain produk makeup yang mama aku punya juga. Yang awalnya aku dandan cuma iseng aja sembari ngisi waktu luang di samping ngurus anak, Bilqis (Ikis). Sampai aku jadi semakin tertarik dandan dan ikut berbagai makeup challenge atau giveaway di Instagram. Daaan cerita selengkapnya bakal aku lanjutin di postingan berikutnya ya :)

Mungkin benar kata orang, bakat turunan memang punya andil dalam beberapa hal kemampuan. Tapi kalau bakat gak diasah dengan latihan dan belajar terus menerus ya gak menjamin juga kamu bisa jago dalam hal tersebut.


Jadi, buat kamu yang mulai tertarik untuk dandan dan ingin bisa makeup ala-ala beauty influencer tapi gak tau harus mulai dari mana ? Just keep on reading sisturrr...

Ini dia makeup kit yang harus banget kamu punya untuk memulai makeup :

1. Sunscreen dan Moisturizer
Keduanya bermanfaat untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dan dapat menjaga kelembapan kulit. Sehingga kulit akan terjaga dan membuat hasil makeup kamu lebih bagus. Contoh sunscreen; Wardah Sunscreen Gel SPF 30 Skin Protector with Aloe Vera, Vit. E & Pro Vit. B5

2. Foundation
Sebagai pondasi makeup, foundation ini berfungsi untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan imperfections di wajah. Hal yang harus kamu ingat, pilihlah warna foundation yang mendekati warna kulitmu. Kamu bisa minta saran dari Beauty Adviser (mba mba spg) di booth makeup yang kamu datangi. Contoh foundie; L'oreal True Match Liquid Foundation N3 Nude Vanilla

3. Powder atau Bedak
Untuk mengunci pondasi makeup tadi, kita perlu bedak. Supaya hasil makeup kita anti huru-hara. Kamu bisa pakai compact powder atau bedak padat, dan untuk jenis kulit berminyak sebaiknya kamu pilih loose powder atau bedak tabur. Contoh powder; Silkygirl Shine-Free Loose Powder 02 Natural Medium

4. Blush On
Agar riasan wajah lebih berwarna, terlihat fresh tapi tetap natural kamu perlu blush on. Pilihlah warna pink atau peach dan sapukan secara merata di area tulang pipi. Kalau girls zaman now tuh lagi sukanya bikin blush on gemes panas dingin yang melintasi hidung. Sesuai selera kamu aja mau bikin kayak gimana. Contoh blushon; Wardah Blush On A

5. Eyebrow Pencil
Alis itu bisa dibilang sebagai bingkai wajah. Dan tenang aja kalau kamu masih kesulitan membuat alis yang on fleek di wajah kamu, because practice makes perfect. Contoh pensil alis; Maybelline Fashion Brow Cream Pencil

6. Eyeshadow
Untuk pemula kamu cukup punya eyeshadow dengan warna natural seperti coklat, cream, pink. Kamu bisa mulai mencoba mengaplikasikan satu warna di seluruh kelopak mata. Contoh eyeshadow; Maybelline The Blushed Nudes

7. Mascara
Setelah eyeshadow, agar membuat tampilan mata kamu lebih hidup kamu perlu mascara untuk membuat ilusi bulu mata yang lebih bervolume dan lentik. Pilihlah mascara yang waterproof ya! Contoh mascara; Maybelline The Magnum Barbie

8. Lipstick
And last but not least, kamu bisa pilih berbagai macam lipstick yang kamu suka. Entah lip tint, lip matte, lip gloss, dll. Untuk look perdana yang simple dan natural kami bisa pilih warna nude, pink atau mauve, sesuai selera. Contoh lipstick; Maybelline Vivid Matte Liquid Color Sensational MAT12

Itu lah tadi 8 itemsmakeup starter kit yang perlu kamu punya untuk memulai makeup. Kamu mesti terus menerus latihan dandan sendiri pakai produk yang ada sampai kamu merasa sudah cukup lihai, kamu bisa tambah sedikit demi sedikit koleksi makeup kamu. Selamat dandan sisturrrr!

No comments:

Post a Comment