Monday 6 November 2017

Tips Ikutan Giveaway Makeup

Hallo beauty! Aku mau lanjutin cerita kemarin soal pengalaman awal mula aku suka makeup. Jadi setelah aku menang di makeup challenge pertama, aku ketagihan buat ikutan yang lain. Aku pikir ya sekalian ngasah kemampuan makeup aku aja gitu.

Di awal 2015, aku ikutan beberapa makeup challenge tapi ternyata prosesnya gak semudah yang pertama. Saingannya lebih banyak dan akhirnya aku gak menang sama sekali. Aku sempet ikutan challenge yang mengharuskan aku pakai produknya, dan itu adalah makeup termahal pertama aku, PAC Contour Kit. Perdana bikin video makeup tutorial yang diupload pas deadline-nya banget. Dan yaaa aku gak menang juga. Tapi bersyukurnya Contour Kit ini kepake banget sampai sekarang.

Sampai di situ aku masih gak nyerah, aku iseng ikutan comment giveaway dari L'oreal, dan randomly aku menangin hadiah beberapa produk yang bikin aku tambah semangat buat terus main makeup. Aku explore terus kemampuan aku dengan bikin berbagai makeup look, contohnya; pin-up, grunge, cut crease eyeshadow, mermaid, dll. Aku senang karena saat itu respon dari teman-teman banyak yang positif, banyak yang mendukung, dan suka sama hasilnya. Walaupun pasti ada juga yang mengkritik atau kurang suka.


Di pertengahan bulan Mei aku mulai coba jadiin makeup sebagai kerjaan. Dimulai dari makeup wedding party untuk temen-temen aku, makeup graduation, dll. Sampai akhirnya aku dan temen aku, Tami punya ide untuk bikin akun khusus bisnis makeup. Maka lahirlah DIFACEBEAUTY 💖

Bulan berikutnya aku dapat invitation via DM dari @fashionartvibes untuk turut serta dalam audisi kompetisi vloggers dan membuat video makeup tutorial. Karena sebelumnya aku emang ada rencana untuk bikin another makeup video jadi bisa dibilang "sekalian aja gitu" ikutan audisi FAV. Look yang aku bikin yaitu Coachella Festival Makeup, karena emang saat itu lagi hype banget festival look di kalangan beauty influencer.

Photo Jun 20, 3 57 17 PM.jpg

Kalian bisa cek videonya di Instagram aku, https://instagram.com/p/BVm1AhnFC4L/

Dan hasilnya
aku terpilih masuk Top 50 Vlogger Face of FAV 2017. Tahap selanjutnya aku ikut live audition di Esmod Jakarta, dan itu adalah beauty event perdana aku dalam hidup hahaha 😂 Jadi perasaannya antara excited kapan lagi bisa dapet kesempatan ini, tapi juga super nervous karena ini di luar comfort zone aku. Walaupun akhirnya aku gak lolos top 12. Cuma aku bersyukur banget sih aku ikutan live audition itu karena aku dapat banyak pengalaman, banyak temen baru beauty influencer yang masih keep in touch di sosmed sampai sekarang, dan kesempatan besar lainnya terbuka setelah event ini.

TOP 50 Vlogger Face of FAV 2017 @Esmod Jakarta

So, sampai sekarang aku sudah bergabung di komunitas Bvloggerid aku masih terus ikutan giveaway, challenge dan event-event serupa. Karena selain aku bisa mengasah kemampuan makeup aku, kalau menang aku dapat koleksi makeup baru, banyak yang notice sama Instagram aku, banyak temen dan kenalan baru juga.

Bersama member @bvlogger.id dan kak Lizzie Parra (tengah) di acara IMAE 2017 @Balai Kartini

Buat kalian yang pengen tau gimana tips & trik ikutan giveaway makeup dan besar kemungkinan bisa menang, aku kasih bocorannya nih :

1. Update Info Giveaway
Kalian harus rajin cari tau info-info giveaway atau challenge. Kalian bisa follow Instagram @beautycontest.id dan cek bagian tag-nya juga. Selain itu kalian banyakin follow beauty influencer Indonesia, akun official brand makeup di Indonesia, olshop makeup, dan berbagai akun komunitas kecantikan. Contohnya; @bvlogger.id @beautilosophy @beautiesquad dll

2. Cari Tau Seputar Giveaway
Setelah kalian dapet info giveaway atau challenge, better kalian cari tau syarat dan ketentuannya, biasanya ada di foto atau videonya, atau caption. Kalian baca secara seksama, pastiin periode tanggal giveaway-nya, jenis kuis dan cara penentuan pemenangnya gimana dan cek juga hashtag (#) yang dipakai di kuis ini.

3. Worth It atau Gak
Sejauh ini ada beberapa jenis giveaway;
  • Repost dipilih random pakai aplikasi
  • Repost dipilih dari caption menarik
  • Recreate Look dipilih dari yang paling mirip
  • Makeup challenge tematik dipilih dari yang paling bagus
  • Spam like dan komen dipilih dari yang paling rajin
Nah dari semua jenis kuis di atas, kalian pilih yang kemungkinan kalian bisa ikut. Saran dari aku, cari yang paling worth it, entah dari hadiahnya atau besar kecilnya kesempatan menang.


Kalau aku sendiri prefer untuk ikut giveaway yang Repost dipilih dari caption menarik, Recreate Look dan Makeup Challenge tematik. Tapi kalian juga harus pastiin peserta yang ikut gak banyak-banyak banget. Cek dari hashtag-nya. Kalau masih sepi atau belum ada yg WOW dan bikin kalian mikir "wah, pasti dia menang nih" itu saatnya kalian ikutan dan kasih yang paling maksimal.

Aku gak suka ikutan giveaway repost yang terlalu banyak pesertanya, karena hasilnya pasti untung-untungan, bukan karena kemampuan kita bikin caption atau recreate look.

Terus tips lain, contohnya kuis dari Maybelline atau yang lainnya. Biasanya mereka bikin giveaway berasama banyak beauty influencer, lebih dari 5 orang. Nah diantara influencer tersebut pasti ada yang banyaaaak banget pesertanya tapi ada juga yang masih sepi. Kalau kalian mau menangin kuisnya, mending ikutan yang sepi itu. Toh hadiahnya sama juga kok 😂 Dan kalian juga bisa submit kuisnya lebih dari 1 influencer jadi kesempatan menang kalian lebih banyak.

4. Harus Buat yang Maksimal
Kalau kalian mau bikin caption, bikin yang maksimal. Cari tau semua info kuisnya, bahas di caption tersebut, kasih bumbu bumbu ke-perez-an kalian, dan tetap gunakan pilihan kata/kalimat yang baik, benar, dan rapih. Kalian bisa baca-baca caption peserta lain dulu dan tambahin apa yang belum dibahas mereka si caption kamu. Buat jadi beda dan panjang dari caption yang lain.

Kalau kalian Recreate Look, bikin semirip mungkin. Kalian perhatiin look-nya secara detail, kalau ada tonton dulu video tutorial-nya. Foto dengan gaya, angle dan baju yang hampir mirip dengan aslinya. Dan fotonya harus jelas, kualitasnya bagus, jangan nge-blur ya sist. Kalau foto kalian agak nge-blur sedikit masih bisa diakalin di aplikasi edit atau editor Instagram pakai pilihan Sharpen.

Kalau kalian ikutan Makeup Challenge tematik, bikin yang belum orang lain buat. Jadi yang pertama atau yang beda. Gunain kreatifitas kalian. Tapi tetap harus masuk akal dan bijak memilih, jangan semua ide dimasukin.

5. Berdoa dan Sabar
Terakhir, setelah kalian kasih yang paling maksimal maka kuncinya sabar dan berdoa. Berharap menang tapi jangan terlalu tinggi karena nanti kecewa kalau ternyata gak dapet. Sabar nunggu pengumumannya, jangan dikit-dikit komen nanya kapan diumumin dan marah-marah di sosmed. Itu malah bikin kalian bisa didiskualifikasi. Dan terakhir harus terima keputusan akhirnya, entah itu menang atau kalah. Kalau kalah ya anggap aja belum rezeki dan terus ikutan kuis yang lain. Kalau menang ya alhamdulillah, jadi semangat buat ikutan lagi juga 😂

That's all tips ikutan giveaway makeup yang bisa aku kasih. Semoga bermanfaat dan semangat nguis! #akucintagratisan

2 comments:

  1. Give Away itu bikin ketagihan ya beb 🤣
    Semangat terus beeeeb 😘😘😘

    ReplyDelete